9 Nov 2008

Cara Buat Jaringan Nirkabel


Kantor atau rumah kamu punya akses internet broadband, entah menggunakan media DSL/ADSL cable dan anda memakai wifi sebagai routernya sehingga berniat membagi jaringan tersebut kebeberapa user yang ada di rumah atau kantor kamu? Berikut langkah-langkah untuk membuat Jaringan Nirkabel(wifi/wireles fidelity)

  1. pastikan wireless router kamu memakai standar wireless umunya( 802.11a, 802.11b, 802.11g dan 802.11n). yang paling banyak digunakan saat ini tipe 802.11b / g standar.
  2. Pastikan Driiver dari chipset wifi anda sesuai dengan sistem operasi yang kamu pakai(XP, Linux dsb)

Intsalasi Router

  1. Intsal wifi kamu sesuai dengan manual book, mulai dari intalasi kabel wifi ke soket dsl/adsl kamu, power hingga install kabel jaringan(RJ45[optional])
  2. Hidupkan computer dan modem wireless router kamu dan tunggu sampai computer dalam keadaan siap dan seluruh lampu indicator di modem kamu menunjukan telah terkoneksi.
  3. buka browser internet kamu(mozila firefox/IE/Netscape dsb) dan ketikan pada addres web “http://192.168.0.1(untuk produk belkin), http://192.168.1.1(Produk LinkSys), dan sebagainya tergantung jenis keluaran produksi router yang kamu miliki(lihat di manual book/search produk di google). kemudian masukan username dan password router Anda (dari keluaran pabrik biasanya "admin" untuk username dan "admin" atau "password" untuk password)
  4. Masukkan SSID username dan password yang diberikan oleh penyedia layanan internet anda.
  5. untuk keamanan jaringan kamu harus setting WPA/WPE, agar setiap user yang masuk ke dalam jaringan harus ada konfirmasi dengan router. Dan gunakan DHCP otomatis kecuali jika diinstruksikan berbeda oleh ISP kamu berlangganan.
  6. Ubah nama pengguna dan password default pada router anda.
Sharing Printer

  • Hubungkan printer dengan salah satu pc yang terhubung di dalam network. Dan pastikan printer dan pc dalam keadaan hidup· Dalam Windows XP atau Vista, pergi ke Startà Control Panel à Network Connections lik kanan pada Local Area Connection à File and Printer Sharing for Microsoft Network.

Selesai, selamat mencoba J J

Add to Google Reader or Homepage Subscribe in Bloglines

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ok mantab mas. saya da coba

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Expresikan Perasaanmu Setelah Membaca Postingan Di Atas...!!!
Saran dan Kritik atau info tambahan sangat Membantu Pengunjung Blog Ini

 

New Comment

New Posting

IchanOnline.blogspot.com. Copyright 2009 All Rights Reserved