17 Jan 2011

Memulai Usaha Menjadi Fotografer Lepas


Beberapa dari kita mungkin senang mengoleksi foto-foto di dalam hardisk komputer bahkan ada pula yang menggeluti fotografi maupun menjadi modelnya :D. Coba teman-teman ingat, berapa ratus foto yang tersimpan dalam harddisk computer laptop atau PC di rumah? 100, 1000 atau malah puluhan ribu? Foto-foto itu sebenarnya memliki potensi untuk menjadi “uang”, tapi tentunya tidak bisa didiamkan saja didalam hardisk untuk kemudian terkena virus, mereka (foto-foto itu ,–red) harus diberdayakan. Dengan sedikit usaha tentunya dari teman-teman, foto-foto tersebut bisa menghasilkan sampai $1500 dalam beberapa bulan, fantastis bukan!! Dan jangan salah, bila dikelola dengan benar, income sebesar itu akan datang terus menerus. Hhhmmm menarik bukan? Lalu bagaimana caranya?

Baiklah, caranya sangat mudah sebenarnya, di dalam dunia yang serba internet dan digital ini, ada ribuan desainer, webmaster, editor ataupun redaktur yang membutuhkan berbagai macam foto untuk melengkapi artikel, web, pamphlet atau bahkan tabloid yang mereka terbitkan. Dan tidak semua dari mereka memiliki sumber daya manusia, materi ataupun waktu yang cukup untuk mencari sendiri foto/gambar tersebut. Disinilah teman-teman akan berperan, dengan menyediakan segala macam jenis gambar/foto bagi mereka melalui “Bank Foto”, atau lebih dikenal dengan “Stock Photo Agency”. Teman-teman tinggal mencari di dalam harddisk foto foto yang menarik, unik untuk dititipkan di bank foto, temanya bisa macam-macam, dari binatang, makanan, bangunan, ataupun yang lainnya.

Stick foto biasanya digolongkan sebagai royalty free images, yang artinya, anda sebagai “fotografer” tetap memiliki hak cipta atas karya anda, pembeli hanya mendapatkan hak untuk mereproduksi hasil karya anda. Apa artinya? Artinya, pembeli tidak perlu membayar terlalu mahal untuk menggunakan hasil karya anda. Untungnya bagi kita semua fotografer gadungan ini, kita tidak perlu terlalu memusingkan kualitas karya secara detail, dan kita memiliki hak untuk menjual karya kita ke beberapa pembeli, jadi kita berbicara mengenai kuantitas atau volume. Yang perlu teman-teman lakukan hanyalah mencari dan mensortir koleksi foto di harddisk, melakukan sedikit penyesuaian seperti cropping, leveling (seperti Red kemukakan, teman-teman perlu sedikit bekerja, salah satunya adalah sedikit meng-edit koleksi foto agar lebih menarik dan mudah dijual) kemudian "menitipkannya" di Bank Foto. Berikut ini beberapa situs yang dapat dijadian sebagai bank foto untuk memulai usaha anda.:
Untuk informasi dan ilmu lebih mendalam mengenai estetika memotret teman-teman bisa baca dari sharing dan diskusi dari website ini.
Add to Google Reader or Homepage Subscribe in Bloglines

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Expresikan Perasaanmu Setelah Membaca Postingan Di Atas...!!!
Saran dan Kritik atau info tambahan sangat Membantu Pengunjung Blog Ini

 

New Comment

New Posting

IchanOnline.blogspot.com. Copyright 2009 All Rights Reserved